Mengintegrasikan Squirrel Mail dengan Merqury Mail

Artikel ini ditulis sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Membuat Mail Server dengan xampp (mercuryy mail), juga sebagai jawaban atas segala pertanyaan tentang bagaimana membangun mail client berbasis web. Pada arikel sebelumnya mercuri mail server telah berhasil dibuat, dan untuk mengelola mail menggunakan sofware mail client, seperti Outlook express atau Mozila thunderbird, dan sejenisnya.

Satu kelemahan dari sofware mail client seperi yang disebutkan diatas adalah setiap user yang akan mengelola mail harus melakukan konfigurasi mail client nya sehinga user harus tahu parameter-paremter konfigurasi, minimal user name, password, port POP/POP3, port SMTP, port IMAP(jika menggunakan IMAP), incoming server, dan outgoing server, singkatnya hal itu bukan konsumsi untuk pemula.

Atas dasar kelemahan tersebut, alangkah baiknya jika mail server yang telah dibangun didampingi dengan mail client yang berbasis web, sehingga user atau pemilik account mail tidak dipusingkan dengan konfigurasi mail client, user cukup mengetahui password, user name dan URL /IP address ke mail client.

Untuk keperluan membangun mail client berbasis web, dalam hal ini penulis menggunakan squirel mail versi 1.4.19 yang bisa di download di http://sourceforge.net/projects/squirrelmail/files/stable/1.4.19/squirrelmail-1.4.19.zip/download, dengan menggunakan xampp for windows sebagai web server-nya dan windows XP sp 2 sebagai server-nya. Untuk selanjutnya bisa dikustomisasi ke OS lain, misal Linux !

Adapun langkah-langkah instalasi nya adalah sebagai berikut, dengan asumsi xampp for windows telah terinstal di komputer anda, jika belum silahkan download di apachefriends.

Langkah pertama adalah mengaktifkan mercuri mail sebagai serever mail, silahkan baca artikel nya di membangun mail server dengan xampp (mercury mail) langkah 1 s.d. 6,

Berikutnya buat user sesuai dengan banyaknya user yang ingin memiliki account email. lihat arikelnya di membangun mail server dengan xampp (mercury mail), langkah 5

Selanjutnya extract squirel mail yang telah anda download dan simpan di folder htdocs di web server anda misal di C:\xampp\htdocs\mail, sedangkan milik penulis disimpan di D:\data oya\htdocs\mail (lihat gambar !)

selanjutnya buka file config_default.php di di direktori squirel mail dalam hal ini penulis membuka nya di D:\data oya\htdocs\mail\config\config_default.php

Lakukan perubahan pada baris-baris berikut :

baris diatas menunjukan domain server anda sehingga nantinya setiap alamat email akan berformat seperti nama_email@oz.net, sesuaikan dengan seting anda pada saat mengkonfigurasi mercuri core module (baca membangun mail server dengan xampp (mercury mail), langkah 4) di mercury mail server.

Berikutnya ubah baris berikut menjadi :

Pada baris diatas jika di set false, SquirrelMail akan menggunakan SMTP server setting, sedangkan jika di set True SquirrelMail akan menggunakan seting yang telah didefinisikan
oleh program yang lain. Untuk itu isi saja false, sehingga semuanya diatur oleh mail server.

Selanjutnya ubah baris berikut menjadi :

Sesuaikan dengan server anda, dimana letak  direktori mercury mail berada. Ubah juga baris berikut :

Sesuaikan dengan komputer anda, dimana letak data mail untuk mercury mail server yang anda miliki.

Terakhir tentukan letak direktori penyimpanan attachment, jika ada mail yang menggunakan attachment, untuk itu cari baris berikut dan edit sesuai keperluan anda :

Setelah selesai save as file tersebut menjadi config.php, untuk mengujinya coba anda panggil di browser anda dengan mengetikan http://localhost/mail atau jika akan mengakses dari komputer lain akses IP address dimana mail client terinstall, dalam hal ini penulis menggunakan IP 192.168.127.1 jadi penulis mengakses dari komputer lain dengan mengetikan http://192.168.127.1/mail dan jika berhasil maka di browser anda akan tampak layar login seperti berikut :

Penulis mencoba login ke mail via web mail sqiurrel mail dan berhasil login serta mecoba
mengirim dan menerima e-mail, berikut gambar-nya jika anda berhasil login.

Coba anda login dan bersimulasilah mengirim email ke account lain yang anda buat..sampai dengan tulisan ini dibuat penulis tidak menjumpai hambatan yang berarti. JIka anda akan menerapkan-nya di server linux maka anda tinggal menentukan path-path yang dibuuhkan oleh squirrel mail. Selamat mencoba !

Sumber : http://oz.orgfree.com

This entry was posted in Belajar Website and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s